CARA MEMILIH BUAH BUAHAN YANG SEGAR DAN SEHAT

CARA MEMILIH BUAH BUAHAN YANG SEGAR DAN SEHAT

Buah merupakan suatu makanan yang dapat memberikan banyak nutrisi di dalam tubuh kita. Buah merupakan salah satu sumber vitamin untuk tubuh kita. Oleh karena itu buah dapat menjadikan imut tubuh kita lebih kuat dan mencegah penyakit yang akan menyerang. Buah dapat membantu kita memenuhi kebutuhan gizi karena sumber air yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu makanan ini juga merupakan makanan yang rendah kalori. Sehingga buah sangat cocok digunakan sebagai pengganti nasi ketika seseorang menjalani masa diet. Bagi kamu yang sedang mengalami masalah pencernaan memakan buah buahan tertentu juga dapat mengatasinya. Seperti buah pepaya dan semangka. Karena tak hanya vitamin yang terkandung pada buah, namun buah juga kaya akan seratnya.

Tips Yang Berlaku Untuk Memilih Buah Yang Segar Dan Sehat

Buah merupakan makanan yang sangat menyehatkan dan kaya akan manfaat. Oleh sebab itu banyak orang yang mencari-cari buah untuk persediaannya di rumah atau dimakan langsung. Namun nutrisi dalam buah hanya dapat ditemukan jika buah itu segar dan sehat. Untuk itu kamu perlu memperhatikan betul buah yang akan kamu konsumsi. Untuk kamu yang belum tau cara memilih buah yang segar dan sehat kamu bisa menyimak artikel ini sampai akhir.

  • Memilih berdasarkan warna buah

Buah yang segar dapat dilihat dari warna buah itu. Buah yang memiliki warna lebih cerah dan terlihat mulus biasanya berkualitas baik atau sehat. Jangan memilih buah yang berwarna kusam atau pucat atau juga terlalu tua. Karena warna buah kusam dapat menjadi tanda bahwa buah itu sudah lama berada di tempat itu. Warna buah yang pucat dapat menjadi tanda bahwa buah itu belum matang. Dan jika warna buah terlalu tua menadakan buah itu terlalu matang dan mendekati proses pembusukan.

  • Memilih berdasar tekstur

Buah yang segar dan sehat dapat juga dilihat dari tekstur buah itu sendiri. Buah yang baik akan mempunyai tekstur yang tidak keras juga tidak lembek. Untuk menentukan kamu bisa mencoba untuk memencet bagian buah itu. Buah yang segar memiliki tekstur empuk namun tidak lembek. Jika kamu menyentuh buah itu dan teksturnya lembek maka buah itu kemungkinan besar sudah busuk.

  • Memilih berdasarkan bau buah

Kamu juga dapat menentukan segar tidaknya buah itu berdasarkan bau yang diberikannya. Buah yang sudah matang dan segar biasanya berbau harum sesuai ciri khas dari buah itu. Buah ini biasanya memiliki aroma segar dan agak manis jika di cium baunya. Sedangkan jika buah yang kamu cium baunya berbau agak asam bisa menjadi tanda bahwa buah itu akan membusuk. Jika buah itu tidak memiliki bau bisa jadi buah itu belum matang atau masih terlalu muda.

  • Bunyi ketukan

Cara ini berlaku bagi buah-buahan seperti semangka, melon dan alpukat. Buah-buahan tersebut jika diketuk berbunyi nyaring maka menandakan bahwa buah-buahan tersebut belum cukup matang alias masih muda. Sedangkan jika buah tersebut jika di tepuk mengeluarkan suara sama dengan ketukan dada menandakan buah itu masih dalam keadaan sehat dan segar-segarnya. Dan apabila buah yang kamu ketuk tadi berbunyi seperti saat kamu memukul perutmu maka buah itu kemungkinan besar sudah busuk dan tentunya tidak layak konsumsi.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close